Taman Anggrek Ragunan (TAR)

taman-anggrek-ragunan-1 copyKetika ada yang menyebut nama Ragunan, apa sih yang terbersit pertamakali dalam benak Anda? Pasti tertuju pada objek wisata yang ada di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yaitu Objek Wisata Kebun Binatang Ragunan, bukan? Jangan salah, di daerah Ragunan bukan hanya terdapat objek wisata itu saja, ada tempat wisata yang menarik dan pastinya memberikan kenyamanan bagi pengunjung yaitu Taman Anggrek Ragunan. Taman Anggrek Ragunan (TAR) menjadi salah satu tujuan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara ketika mengisi waktu liburan bersama keluarga di Jakarta.

Bagi para pengunjung yang menyukai dan menjadi pencinta tanaman anggrek dan tanaman hias, jangan sampai tidak datang dan mengunjungi tempat yang selalu ramai di kunjungi tiap akhir pekan ini. Rugi rasanya jika Anda sedang berkunjung ke Jakarta tetapi tidak singgah kesini, itu berarti Anda telah melewatkan salah satu pesona keindahan yang ada di Kota Jakarta.

Lokasi
Taman Anggrek Ragunan (TAR) bisa dijumpai di Jalan Harsono RM, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar minggu, Jakarta Selatan.
Pintu 1 Jl. RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan
Pintu 2 Jl. Kebagusan Raya, Ragunan, Jakarta Selatan

http://goo.gl/maps/AIE43

Lokasi TAR yang sangat strategis memudahkan bagi pengunjung yang pertamakali datang untuk mengunjungi tempat wisata alam ini. Sebelah selatan TAR berbatasan dengan Kebun Raya Ragunan, sedangkan sebelah timurnya berbatasan dengan Gelanggang Olahraga Ragunan. Cukup mudah bukan?

Taman Anggrek Ragunan
Taman Anggrek Ragunan (TAR) yang berdiri pada tahun 1973 merupakan salah satu wisata argo, selain sebagai salah satu tempat wisata yang bertemakan alam yang ada di daerah Jakarta, TAR berfungsi juga sebagai pusat promosi sekaligus pemasaran tanaman anggrek baik dalam bentuk tanaman maupun bungan potong, dan juga sebagai sarana untuk mempelajari seluk beluk pemeliharaan anggrek. TAR menempati lahan seluas 5 ha yang merupakan aset Pemerintah Daerah DKI Jakarta yang diserahkan pengelolaannya kepada Dinas Pertanian DKI Jakarta.
Kita patut bangga bahwa kini Indonesia memiliki kurang lebih 5.000 spesies anggrek dari 20.000 sampai 30.000 spesies yang tersebar di seluruh dunia, itu karena iklim di Indonesia mendukung dan cocok untuk budidaya tanaman anggrek. Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki jenis yang beragam, salah satunya seperti anggrek jenis dendrobium, cattleya, oncidium, dan anggrek Phalaenopsis yang banyak dikenal sebagai anggrek bulan. Anggrek biasanya dipergunakan selain sebagai hiasan dan dekorasi ruangan, dimanfaatkan juga sebagai keperluan seperti acara keagamaan atau ucapan selamat serta ungkapan dukacita.

TAR merupakan tempat wisata yang memberikan kenyamanan dan kesejukan. Ketika masuk ke kawasan TAR maka Anda akan diberikan pemandangan yang indah seperti suasana yang hijau, teduh dengan pepohonan dan dihiasai kilauan warna-warni dari berbagai macam anggrek yang membuat mata tak bosan untuk memandanginya. Disini Anda berjalan dijalan setapak yang disamping kanan dan kiri terdapat anggrek yang hidup subur dan menyajikan keindahan dengan beragam macam warna dan jenis anggrek yang disimpan dalam pot. Dipastikan setiap pengunjung tidak akan merasa bosan berada ditempat wisata ini. Pesona Keindahan dari anggrek itu membuat Anda aman, nyaman dan tentram. Gak percaya, buktikan sendiri.

Beragam macam Pengunjung
Taman Anggrek Ragunan (TAR) merupakan surganya bagi para pencita tanaman khususnya tanaman anggrek. Pesona keindahan yang dipancarkan tanaman anggrek ini dapat menyedot dan menarik perhatian bagi para pengunjung, diantaranya:

  1. Pedagang yang datang dengan tujuan untuk bisnis penjualan tanaman anggrek,
  2. Orang yang merupakan pecinta dan penggemar anggrek (hobbies), pengunjung ini sengaja datang untuk mencari sekaligus mengoleksi berbagai jenis anggrek,
  3. Wisatawan yang datang sekedar untuk berwisata, melihat-lihat, mengetahui beragam jenis anggrek, menikmati keindahan bunga anggrek, hingga sekedar untuk berfoto-foto di kavling yang terdapat banyak bunga anggreknya,
  4. Peneliti, baik itu dari pelajar maupun mahasiswa yang mengunjungi TAR dengan tujuan tertentu yaitu tujuan pendidikan seperti melakukan studi banding, PKL (Praktek Kerja Lapangan), hingga penelitian untuk tugas akhir.

Disamping biaya yang kenakan untuk bisa masuk ke TAR sangat murah , disini juga pengunjung bisa melihat langsung cara merawat anggrek sekaligus melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan budidaya anggrek.

Beranekaragam Fasilitas
Berbicara mengenai fasilitasnya, Selain dibagi menjadi 42 kapling yang digunakan untuk kegiatan budidaya anggrek seperti pembibitan hingga pemeliharaan anggrek, Taman Anggrek Ragunan (TAR) pun memberikan fasilitas yang lengkap agar para pengunjung merasa nyaman berwisata ke tempat ini, fasilitas yang disediakan diantaranya:

  1. Kantor Informasi dan Administrasi,
  2. Balai Pertemuan yang digunakan dikala ada kegiatan tertentu yang sifatnya pertemuan penting dan memerlukan ruangan yang cukup luas,
  3. Ruang Pameran yang dilengkapi dengan ruang laboratorium dan perlengkapannya,
  4. Bangunan-bangunan seperti kantin, ruangan isitirahat, toilet, mushola, dan kios yang menjual berbagai macam kebutuhan dalam budidaya anggrek,
  5. Tak ketinggalan lahan parkir yang cukup luas.

Pesona Keindahan yang ada di Taman Anggrek Ragunan (TAR) Jakarta Selatan bukan untuk dirasakan dan dinikmati hanya melalui perkataan dan cerita orang lain saja, namun harus dirasakan langsung caranya anda datang, rasakan, dan nikmati sendiri.

http://goo.gl/maps/AIE43

Sumber : http://jalan2.com/city/jakarta/taman-anggrek-ragunan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s